Tuesday 20 August 2019

Ketika anak bertanya (FAQ yg biasa diajukan anak mengenai seksualitas dan cara menjawabnya

*FAQ seksualitas oleh anak:*

1. Adik bayi datangnya dari mana ya mama?...(biasanya pertanyaan anak usia 4-5th)

*Jawab:* Ada tempat khusus didalam perut mama,dimana adik bayi tinggal selama 9 bulan diperut mama waktu hamil, adik bayi akan keluar dari perut mama lewat vagina. Vagina bisa dilewati adik bayi karena elastis. Dan Jika melahirkan sesar,tunjukan bagian perut tempat keluarnya bayi.

2. Apa bedanya laki-laki dan perempuan?
*Jawab:*
Pertanyaan ini muncul karena anak ingin mengidentifikasi dirinya. Bila pertanyaan ini dilontarkan, orangtua dapat mlenerangkan perbedaan tubuh laki-laki dan perempuan. Misalnya aja dengan menerangkan, laki-laki punya penis dan perempuan memiliki vagina. Bisa juga kata penis dan vagina diganti dengan bahasa daerah yang biasa digunakan di rumah, yang penting jangan sampai menggunakan istilah yang salah atau analogi yang tidak tepat.

3. Kalau banci itu apa?
*Jawab:*
Biasanya pertanyaan ini muncul setelah ia bergaul dengan teman-temannya di luar rumah. Misalnya saja ia dan teman-temannya melihat pengamen berwajah laki-laki yang memakai baju perempuan. Orangtua dapat menerangkan bahwa itu laki-laki namun dia senang memakai pakaian perempuan. Kita tidak boleh seperti banci. Kalau laki-laki harus memakai pakaian laki-laki, sedangkan kalau perempuan harus memakai pakaian perempuan.

4. Ma, kata nenek adek keluarnya dari perut, kalau teteh keluarnya dari mana Ma?
*Jawab:*
Mungkin pertanyaan ini muncul karena ia merekam cerita anggota keluarga. Sang anak tahu dari neneknya kalau ia keluar lewat perut. Orangtua dapat menjawab, "Iya, waktu melahirkan Ade, Mama dioperasi. Ade dikeluarin dari perut. Kalau teteh keluarnya lewat lubang di bawah perut Mama, namanya vagina.

5. Melahirkan itu sakit atau nggak?
*Jawab:*
Pertanyaan ini muncul karena mungkin saja ia pernah mendengar obrolan bahwa melahirkan itu mengeluarkan darah. Orangtua hendaknya dapat bersikap bijak menanggapi pertanyaan ini dengan mengimbanginya dengan hal positif. Sehingga anak tidak hanya membayangkan proses melahirkan sebagai sesuatu yang mengerikan, tetapi juga memiliki unsur bahagia. Orangtua dapat berkata "iya sayang, tapi cuma sebentar kok. Sudah itu hilang rasa sakitnya. Mama senang bisa lihat adik bayi yang lucu."

6. Kalau udah gede nanti, adek bisa hamil kayak Mama nggak?
*Jawab:*
Pertanyaan ini dapat digunakan orangtua untuk menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan. Kepada anak laki-laki orangtua dapat berkata "Nggak sayang, adek kan laki-laki. Laki-laki nggak bisa hamil soalnya kan laki-laki nggak punya rahim. Jadi hanya perempuan yang bisa hamil.

7. Rahim itu apa sih?
*Jawab:*
Bila anak kembali bertanya untuk mendapat jawaban yang lebih detail seperti ini, barulah orangtua menjelaskannya dengan mengatakan bahwa Allah memberikan tempat untuk adik bayi di dalam tubuh perempuan. Tempat itulah disebut rahim.

8. Ketiak Mama ada rambutnya, kok adek nggak?
*Jawab:*
Pertanyaan ini muncul karena anak ingin mengetahui apakah dirinya normal atau tidak. Orangtua hendaknya peka terhadap pertanyaan ini. Selain memberikan jawaban, orangtua pun mesti memberikan harapan pada anak. Tidak cukup hanya dengan berkata, "Ya iya lah.. Mama kan udah gede."
Jawaban seperti itu akan membuat anak merasabahwa dirinya tidak sehebat orangtua nya. Sebaiknya orangtua menjawab dengan nada empati. "Adek, nanti kalau Adek sudah besar seperti Mama, ketek Adek juga pasti tumbuh rambut." Dengan jawaban seperti itu, anak merasa bahwa dirinya menjadi subjek pembicaraan.

Diskusi peer group 10.

0 comments:

Post a Comment