Sunday 25 February 2018

NHW 5 MAtrikulasi IIP Batch 5#

NHW 5

Bismillah..
NHW 5 seru... ok gaes, awalnya tugas ini sudah jadi draft, sudah tinggal upload gambar desainnya. Qodarulloh pas pagi ini mau diselesaikan, trada.... ga ada isinya apa-apa.. T_T huwaaa...

#ambil nafas
ok, kita mulai lagi dari awal.. tugas kali ini adalah membuat Desain pembelajaran untuk diri sendiri. awalnya di grup banyak yang bingung INI SURUH NGAPAIN? dan berdasarkan modal penasaran dan rules dari fasil, tidak ada yang benar atau salah, jadi berikut ini hasil berfikir dan cari-cari informasi.

Desain pembelajaran adalah proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan ketrampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth) --- ini definisi yang paling mudah dipahami (menurut saya).

Komponen dasar dari desain pembelajaran adalah :
•    Pembelajar ( pihak yang menjadi fokus ) yang perlu diketahui meliputi, karakteristik mereka, kemampuan awal dan pra syarat
•    Tujuan Pembelajaran (umum dan khusus ) Adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasai oleh pembelajar.
•    Analisis Pembelajaran, merupakan proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari
•    Strategi Pembelajaran, dapat dilakukan secara makro = dalam kurun satu tahun atau mikro = dalam kurun satu kegiatan belajar mengajar.
•    Bahan Ajar, adalah format materi yang akan diberikan kepada pembelajar
•    Penilaian Belajar, tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasai atau belum.

 Tentang cara belajar orang dewasa, Knowles memiliki asumsi sebagai berikut :
a.    Orang dewasa perlu dibina untuk mengalami perubahan dari kebergantungan kepada pengajar kepada kemandirian dalam belajar. Orang dewasa mampu mengarahkan dirinya mempelajari sesuai kebutuhannya.
b.    Pengalaman orang dewasa dapat dijadikan sebagai sumber di dalam kegiatan belajar untuk memperkaya dirinya dan sesamanya.
c.    Kesiapan belajar orang dewasa bertumbuh dan berkembang terkait dengan tugas, tanggung jawab dan masalah kehidupannya
d.    Orientasi belajar orang dewasa harus diarahkan dari berpusat pada bahan pengajaran kepada pemecahan-pemecahan masalah.
e.    Motivasi belajar orang dewasa harus diarahkan dari pemberian pujian dan hukuman kepada dorongan dari dalam diri sendiri serta karena rasa ingin tahu.

siapa Knowles dan reigeluth? saya belum cari tahu ya.. ^^

nah.. mudahnya, saya buat skema deh untuk masing-masing pencapaian yang diinginkan seperti di NHW sebelumnya..

skema umumnya begini

dan secara detail, belum saya kembangkan.. hiks.. semoga nanti saya bisa memperbaiki manajemen waktu lagi ya..

sampai jumpa di tugas berikutnya ✋ assalamu'alaykum...

sari ummu aisyah
jogja, injury time 26-02-2018

0 comments:

Post a Comment